<<< Selamat datang, Semoga Tulisan Saya Bermanfaat . . .

Minggu, 06 Januari 2013

Tips Berkendara di Jalan yang Menurun Curam

Kemarin terjadi kasus yang menggemparkan tentang kecelakaan mobil listrik "TUCUXI" yang di kendarai sendiri oleh Dahlan Iskan, beliau mengakui terlalu banyak menginjak pedal rem sihingga rem pun blong. nah dari kejadian tersebut saya jadi kepengen berbagi tips nih saat Berkendara di Jalan yang Menurun Curam.

sumber : yusaksunaryanto.wordpress.com

Berkendara di Jalan Menurun Curam dengan Mobil Manual (MT)

Untuk Mobil Manual baik bensin maupun disel sebenarnya memiliki fitur yang sangat berguna di jalan yang menurun, fitur tersebut bernama "Engine Brake" namun ironis banyak yang belum tahu menggunakan dan kegunaan fitur tersebut.  

Engine Brake bekerja disaat kita melahap turunan dengan cara memasukkan gigi 2 atau 1 jika terlalu cepat dalam menurun, maka mesin akan berdengung serta RPM tinggi gejala tersebut adalah pertanda mobil anda sedang malakukan pengeriman menggunakan mesin tanpa anda menginjak rem. nah pasti otomatis mesin akan bekerja keras disaat itulah baru anda membantu meredakan Engine Brake dengan rem biasa, itu juga jangan menginjak rem dengan lama berilah jeda atau rem lepas rem lepas maka mesin akan stabil dan tidak terlalu mendengung. dengan kolaborasi tersebut maka rem anda tidak akan mengalami blong atau terlalu panas sehingga kampas terbakar.

Jika anda ingin membuktikan apakah anda berhasi melakukan Engine Brake simple saja, setelah anda melewati jalan yang naik turun dan banyak menurun curam anda berhenti lalu cek roda kendaraan anda berbau kampas rem atau tidak jika masih berbau kampas rem berati anda gagal melakukan Engine Brake, jika tidak berbau kampas rem Selamat anda sudah mahir melahap turunan curam. Motor Manual (MT) juga bisa Engine Brake.

Vidio mengenai Engine Brake :


Berkendara di Jalan Menurun Curam dengan Mobil Automatic (AT)

Nah untuk Mobil/Motor matic ini beda lagi, perlu skill kusus untuk menjinakkan kendaraan matic anda melewati turunan curam tanpa berbau kampas rem. tetapi saya dengar dari beberapa orang jika berkendara dengan kendaraan matik di turunan harus maen gas kecil / agak sedikit di gas supaya bisa ganjeli (Engine Brake) namun saya belum bisa membuktikan metode tersebut.

Tips dari saya simpel saja yang kendaraanya matik biasa lebih baik selang seling dalam melakukan pengereman jangan di injak terus menerus usahakan jalan pelan saja sehingga rem anda tidak terlalu bekerja keras / cari aman. Jika Kendaraan anda Matik semi manual atau yang biasanya tersedia Pedle Sift atau yang ada gigi kusus 1 & 2 anda masih bisa melakukan Engine Brake tinggal maen perseneleng 1 dan 2 di bantu rem.

Berkendara di Jalan Menurun Curam dengan Mobil Listrik Hybird

Hmmmm... untuk yang satu ini saya ga punya tips maklum belum pernah coba hehe, tapi kabarnya kendaraan ini tidak ada mesin, mungkin seperti kendaraan matik biasa hanya menggunakan rem saja lebih baik hindari kawasan turunan yang terlalu extrem/ curam.
Sekian tips-tips dari  saya jika ada kesalahan mohon di kritik melalui coment atau buku tamu, saya pun juga masih belajar dan perlu banyak tahu . . . Hati-hati di Jalan ya guys . . .

6 komentar:

  1. oiya saya baru tahu niy...sy blom pernah nyetir ke medan yg turun siy,biasa di jakarta aja...thanks infonya

    BalasHapus
  2. Wah, terima kasih untuk info & tipsnya, berguna banget nih...

    BalasHapus
  3. tapi jangan keseringan engine break karena mesin akan manahan beban, sehingga daya dorong mesin jadi berkurang

    BalasHapus
  4. Menarik dan informatif artikelnya .... Terimakasih

    BalasHapus

::. Labels .::

Blogg (27) Budaya (15) Curhat (6) Di Jual (1) Dunia (49) Gaya Hidup (23) Hoby (5) Indonesia (68) Internet (30) Koleksi (3) Lucu (1) Magetan (47) Motivasi (26) Otomotif (20) Pengalamanku (58) Sahabat (11) Tips (28) Trik (10) UFO dan Alien (2) Unik (19)