<<< Selamat datang, Semoga Tulisan Saya Bermanfaat . . .

Selasa, 01 Januari 2013

Tips Merawat Mobil & Motor, Jangan remehkan Service

Setelah lama vakum ngeblog sampai pagerank yang dulunya 3 jadi 1, entah mengapa saya kepingin nulis lagi nih, kali ini saya akan membagikan tips Merawat Mobil dan Motor yang barang kali bisa membantu sobat-sobat dunia maya.

Sumber : JDM Turki
Belakangan ini saya mengalami masalah dengan mobil saya. sewaktu perjalanan dari Magetan ke Caruban di tengah-tengah perjalanan mobil saya mengalami gejala ndut-ndutan dan rpm naik turun secara tidak menentu di luar kendali saya.
setelah saya cari masalahnya buka kap mesin ternyata percuma, saya menduga duga bensinya kotor mungkin juga selang bensin terhambat atau oktannya tidak sesuai (belakangan pake premium maklum di Magetan ga ada pertamax + biasanya oplos premium dengan pertamax + & octan boster yang dah lama ga laku) dengan mobil saya. akhirnya saya memutuskan langsung ke pom isi pertamax full (Mahal gan T. T) terpaksa saya harus pulang ke Magetan dengan mobil ndut-ndutan.

Iseng-iseng saya buka bukku service (belakangan jarang service, biasanya cuma engine conditioning dan cek tekanan angin yang rutin). bah . . . ternyata di kilometer ke 53000 ini saya banyak  melewatkan beberapa part yang harus di ganti, saya jarang service sejak kilometer 40000 (semenjak pindah ke Surabaya, Kuliah). ada sekitar 20 part yang harus diganti, ternyata si GD3 selama ini berjalan 13000 kilometer dengan keadaan sekarat pantas saja. langsung dah rencana mau saya service biar enak di geber lagi.

Tipsnya dari kasus yang saya alami tersebut lebih baik jika kalian memiliki kendaraan Mobil maupun Motor tetaplah jaga dan rawat kendaraan tersebut, bilamana kita sedang menaikinya danterjadi sesuatu yang di inginkan ya itu termasuk salah kita. betapa enaknya menaiki mobil & motor yang kondisinya terjamin.service lah mobil & motor kalian di dealer resmi & selalu buka buku service di situ di terangkan semua apa yang harus di ganti di kilometer berapa dan tanggal berapa semua komplit.

Untuk yang keterbatasan masalah dana kalian bisa melihat sendiri buku service dan mengganti part-part yang seharusnya di ganti di bengkel terserah kalian, kalian juga bisa memilih sendiri macam part yang mau di ganti mau yang lebih  murah atau lebih mahal, jika di dealer cenderung barang asli dan lebih mahal.

Nah bagi yang demen/hoby modifikasi juga harus tetep service rutin, jangan sampai kejadian seperti saya, kalo modifikasi ini agak rumit kita tidak tau umur part part aftermarket yang kita beli sesuai selera dan harga lah pokonya, satu lagi jangan takut untuk service di dealer resmi walaupun part-part kalian after market dealer tetap melayani cuma dealer tetap merekomendasikan menggunakan part standart, namun kita yang punya kendaraan itu terserah kita.

Begitulah sobat berkendara dengan mobil atau motor yang sehat akan membuat diri kita nyaman dan keamanan dalam berkendara tinggal geber dah . . . salam otomotif .


By : Alvin Nur Luqman

2 komentar:

  1. apalagi musim hujan kya sekarang nih sob, males dikit rawat mob or mot yah siap2 aja turun jeroan hehe

    BalasHapus

::. Labels .::

Blogg (27) Budaya (15) Curhat (6) Di Jual (1) Dunia (49) Gaya Hidup (23) Hoby (5) Indonesia (68) Internet (30) Koleksi (3) Lucu (1) Magetan (47) Motivasi (26) Otomotif (20) Pengalamanku (58) Sahabat (11) Tips (28) Trik (10) UFO dan Alien (2) Unik (19)