<<< Selamat datang, Semoga Tulisan Saya Bermanfaat . . .

Selasa, 19 Juni 2012

Pengalaman Karambol

Alvin Nur Luqman

 Entah kenapa gue rasanya pengin Nulis/ngepost mulu ya hehehe . . . ketemu lagi deh para penatap layar, gue mau cerita & berbagi pengalaman karambol gue. Dari judul postinganya aja sudah mbingunginkan maksutnya "trauma karambol" bukan berarti main permainan karambol tapi kecelakaan mobil beruntun alias kecelakaan karambol yang gue alamin beberapa bulan yang lalu .

Awal mulanya gue dan temen temen OORCC (On & Off Road Cycling Club) Magetan mau mengikuti acara sepeda santai dalam rangka ulang tahun pangkalan 501 di Madiun, berhubung jaraknya jauh gue berinisiatif minjem pick up kijang tua milik mbah gue (maklum adanya yang ngagur cuma itu) untuk ngangkut anak anak OORCC beserta sepedanya dan akhirnya di bolehin juga.

Hari Minggu lupa tanggal berapa, Akhirnya gue dan temen teman berangkat jam 7 pagi dengan pick up kijang kotak tua yang remnya itu kalau di injak agak spontan dikit akan sangat pakan sampai pengemudinya mental keluar mecahin kaca depan . . . berangkatnya sampai tujuan sih gak ada masalah, kabin depan gue sama temen gue 1 & bak belakang ada 5 sepeda dan 3 orang temen gue. 

Sesampainya di pangkalan 501 langsung dah buru buru nurunin sepeda langsung tancap gowes (udah agak telat), rutenya lumayan jauh ditengah tengah gowes gue mendapat firasat buruk, pedal sepeda gue lepas mental keatas waktu gue balapan sama om Marinir, alhasil belakang dengkul gue robek kecil padahal masih separo jalan, hadeh akhirnya mancal satu pedal sambil manahan perih dah, gowes sama temen temen juga jadi gak nikmat.

Sampai finis di pangkalan 501 temen temen foto foto dulu di garasinya 501

OORCC Magetan

Nah waktu pulangnya siang siang jam 11 hari lumayan panas, gue masih ingat di Maospati gue di buntutin sama Taruna silver dengan gaya mengemudi agresif alias nempel terus . . . gue sih biasa saja karena juga agak lelah, elaju sekitar 70 km/jam posisi temen temen dan sepeda masih seperti berangkat tadi, gue lihat temen di sebelah gue lagi nglamun.

 Waktu sampai di Sukomoro sekitar barat Banyu Biru gue inget depan gue Luxio hitam dan belakang gue masih Taruna silver (ngaktau nih si Taruna mungkin suka sama Pick Up Jadul mbah gue). mobil mobil di depan Luxio jalan cepat padat, gue udah lumayan jaga jarak sama si Luxio eh gue liat beberapa mobil di depan Luxio ada truk menggok ke utara dengan cepat (reteng nya sambil belok pula ngak dari jauh) otomatis gue nganalisis pasti ada rim ndadak dari mobil mobil didepan.

Ternyata Betul  Luxio di depan ngerim ndadak banget gue sampai agak kaget langsung gue ambil keputusan tangan kanan siap siaga di tuas handbrake (maklum mobil tua hand brake nya di sebelah kanan bawah jok pengemudi) tangan kiri gue ngendaliin mobil, gue juga sudah Engine brake (mengurangi perseneleng untuk membantu rem/rem mesin) gue ambil haluan pendek alias lumayan mepet sama si Luxio di karenakan mengingat rem mobil pick up tua ini setelanya sangat pakem (istilah jawanya kejeron) kalau langsung ambil rem haluan jauh (alias ngerem dengan tenaga dalam) gue sama temen temen gue bisa loncat indah kedepan tuh. 

prakteknya gue rem pelan pelan bertahap sama engine brake di saat bersamaan seeeeeeeeeeet dan sentuhan akhirnya handbrake gue tarik nyuuut tanpa suara gue berhenti 4jari di belakang Luxio yang sudah berhenti duluan (Luxio remnya ABS gan mobil baru). 

Gue sempat mengambil nafas dalam untuk menghempas rasa lega karena sudah selamat ngak nutul Luxio depan temen sebelah gue juga sempet ketawa, eiiittsss kira kira 5 detik ckiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiicccccccttttttttttttttttt DUAaaaaaaaaaaaaaaaaarrrrrRRRRrr . . . ..  kepala gua mbentur sandaran (gak ada sandaran empuk kaya mobil moderen, tinggi joknya sampai punggung doang setelah itu  langsung besi) untung gak parah teman gua yang di samping reflek pegangan seadanya tapi tetep save (ilmu pendekar pencak silat kali ya)

Begitu turun dengan kaki masih gemetar yang gue liat bukan mobil pick up gue atau orang di depan belakang, tapi temen temen gue yang duduk di bak pick up, ternyata mereka save juga cuman sepeda posisinya porak poranda tapi masih utuh, gue langsung melihat bemper depan gue, Waduh natap dikit di Luxio (gara gara di sodok dari belakang, untung handbrake aktif kalau ngak bias panjang nih urusan), mobil gue cuma platnomer nekuk dikit sama klaksonya suaranya ngembret karena kena guncangan, si Luxio cuma beret kira kira 2,5cm supirnya langsung nglabrak gue. begini percakapanya.
 
Supir Luxio : Gimana to mas masak bemper  saya sampai pesok begini (sambil nunjuk penyok yang sudah ada dari pas belum terjadi crash, besar pula peoknya) [anggap Bahasa jawa ngoko kasar]


wah mentang mentang gue masih muda, dikiranya gue goblok kali suruh ganti bempernya sekalian . . . (gue pecinta otomotif sejati)


Gue : Pak peyok itu tadi sudah ada sejak saya masih di belakang bapak di maospati tadi, yang hasil kecelakaanya tadi yang ini (sambil nunjuk beret yang 2,5cm) lagi pula kalau saya penyebabnya bemper saya masih utuh di kanan kiri kok . . . [anggap Bahasa Jawa Alus]

Supir Luxio : waduh tapikan tetap beret gimana nih ??  [anggap Bahasa jawa ngoko kasar]

Gue : (terbawa emosi) pak ini kan posisi saya sudah aman/berhenti ya yang paling salah ya yang nyeruduk saya dari belakang . . .(gue di bantu ngomong sama salah satu temen gue yang anak bengkel dan beberapa masyarakat, mungkin kasian liat mas mas pakai pick up tua dengan baju mbulaknya, bisa dilihat di foto atas)  [anggap Bahasa jawa ngoko kasar]


Supir Luxio : ok lah ayo kita berunding sama sopir mobil yang nyeruduk mobilmu [anggap Bahasa jawa ngoko kasar]

Begitu gue dan supir luxio berjalan kebelakang, gue bayangin mobil gue belakangnya ancur apalagi yang nyeruduk dan ternyata hampir benar terlihat pemandangan yang tidak mengenakkan Taruna silver yang bagian bumper depanya seperti melahap pentol bakso, hancur plus radiator sampai bocor, spontan gue langsung liat bagian belakang pick up gue, Alhamdulilah Giilaaaaaaaaaaaaaaa masih utuh cuman lecet sedikit di bagian bawah piranti towing variasi nya.  ini nih contoh gambar towing penyelamat gue ,temen temen gue dan pick up gue

Towing penyelamat

Spontan juga sopir Taruna yang selamat bersama dengan gebetanya langsung berkata kata kotor kepada gue dan supir Luxio, untung warga memihak kami berdua, wargapun menenangkan tuh supir taruna setelah sudah agak tenang, kami bertiga berunding empat mata begini percakapanya 


Sopir Taruna : ini gimana mobil saya hancur hasssssssssssh ****** (nada macan meraung) !! [anggap Bahasa jawa ngoko kasar]

Sopir Luxio : kamu jangan main marah dulu inikan salah kamu !! [anggap Bahasa jawa ngoko kasar]


Gue : {ambil inisiatif cerdik sambil nepuk nepuk bahu supir taruna} gini aja mas inikan mumpung polisi belumdatang ,inikan juga salah mas yang gak jaga jarak (mungkin nglamun sambil kencan) bagaimana kalau kita damai saja bertiga , kalau urusan polisi nanti masalahnya bisa panjang dan ngeluarin duit extra lagi, belum lagi waktu tersita di kantor polisi, mas dandani saja sendiri tarunanya kan mas posisi salah . . . [Bahasa Indonesia]


Sopir Luxio : [tanpa pikir panjang] setuju damai ya mas (langsung lari masuk luxio plat "N" dan langsung tancap gas) . . .

Sopir Taruna : (Cuma mengagguk terdiam) . . . hmmmmm


Gue : ya sudah mas damai saja ya [langsung ngikutin langkah supir luxio]


Gue liat ke spion Tarunanya di bantu warga di pinggirin di pinggir jalan, agak kasian juga sih tapi mau bagaimana lagi dia posisi salah, gue langsung tancap gas dah, mulangin temen temen gue dan memperbaiki pick up gue di bengkel temen gue, cuma nglurusin plat nomer, mbetulun posisi klakson, ngecat pakai pilok doff bagian bawah towing BERES.


Dampak jangka panjangnya gue sekarang jadi Trauma & jaga jarak banget sampai terlalu jauh dari mobil depan sampai father gue ngingetin "heh kamu nyupir seperti supir meteran saja". tapi lumaya akhir -  akhir ini trauma berkurang. gue salut juga sama alat towing yang sebenarnya berfungsi untuk menarik kendaraan mogok tapi juga berfungsi menyelamatkan gue, mobil gue dan temen temen gue.

Kata kata bijak dari gue :
- Kita sudah hati hati tapi belum tentu sekeliling kita hati hati. maka berdoalah meminta perlindungan tuhan agar selamat [Alvin Nur Luqman]

by : Alvin Nur Luqman

9 komentar:

  1. Waah beruntungnya mobil sampeyan gk apa2.. heuheuheu..
    Ada-ada saja yaa. tapi bagus lah Berakhir dengan DAMAI.

    Ana juga pernah jadi korban karena ketidak hati-hatian pengendara yang lain. Korban tabrak lari gituuu... (curhat nieehhh hehehehe...)

    Banyakin berdo'a saja pas bepergian. Semoga selalu selamat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaha emang harus banyak2 berdoa agar selamat sampe tujuan

      Hapus
  2. damai itu indah walau kadang membuat salah satu terpaksa.. hehehe.. kasihan baca ceritanya tuh ma supir taruna..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau bagaimana lagi gan nanti kalau polisi datang tambah kasihan lagi tuh supir taruna karena dia posisi paling salah + kocek otomatis juga keluar lagi . .

      Hapus
  3. Menyapa blogger Magetan sekalian..
    dan tak lupa mengundang rekan blogge
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    BalasHapus
  4. iya niy..kemarin spion sy disenggol dr belakang..nyebelin deh...wong jalanan macet saya jalan lurus2 aja, eh dia malah makin mempet n ngelewatin saya tapi ga memperrhitungkan spionnya bakal kena...eh malah dia yg nglakson ga jelas, saya aja biasa aja..sebel bgt....alhasil spion mobil lecet padahal baru ganti....

    BalasHapus

::. Labels .::

Blogg (27) Budaya (15) Curhat (6) Di Jual (1) Dunia (49) Gaya Hidup (23) Hoby (5) Indonesia (68) Internet (30) Koleksi (3) Lucu (1) Magetan (47) Motivasi (26) Otomotif (20) Pengalamanku (58) Sahabat (11) Tips (28) Trik (10) UFO dan Alien (2) Unik (19)